oleh

Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Landa Sulut Hingga 8 Januari 2024

Barometer.co.id-Manado. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca ekstrem masih berpotensi melanda Sulawesi Utara hingga beberapa hari ke depan.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 8 Januari 2024,” sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, di Manado, Jumat.

BMKG berharap warga mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Kondisi cuaca ekstrem ini berpeluang terjadi di seluruh atau beberapa wilayah kabupaten dan kota di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut.

“Waspadai potensi bencana banjir, tanah longsor bahkan pohon tumbang saat cuaca ekstrem,” ujarnya.

Cuaca ekstrem pada 6 Januari diperkirakan terjadi di seluruh wilayah Sulut yang mencakup Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Selanjutnya Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kemudian pada 7 Januari akan melanda wilayah Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan pada 8 Januari berpeluang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.(ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *