Ekonomi Sulawesi Utara Tumbuh Menguat 5,48 Persen di Tahun 2023

Barometer.co.id-Manado. Ekonomi Sulawesi Utara mengalami pertumbuhan 5,48 persen pada tahun 2023. Pertumbuhan tersebut menguat dibanding tahun 2022 yang sebesar 5,05 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara, Asim Saputra mengatakan, berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2023 mencapai Rp171,97 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp102,07 triliun.

“Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan sebesar 11,93 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga dengan pertumbuhan sebesar 13,77 persen,” jelas Asim saat menyampaikan rilis pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara, Senin (05/02).

Sementara sektor dengan pangsa terbesar di Sulawesi Utara, yaitu Pertanian, Kehutanan dan Perikanan (20,45 persen) tumbuh 4,47 persen. Kemudian sektor dengan pangsa terbesar kedua, yakni Perdagangan Besar dan Eceran (13,57 persen) tumbuh 6,60 persen. Transportasi sendiri merupakan sektor dengan pangsa terbesar ketiga yakni sebesar 11,61 persen.

Lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan tumbuh signifikan menurut Asim karena adanya peningkatan mobilitas masyarakat sepanjang tahun 2023.

“Pertumbuhan lapangan usaha Transportasi ditopang oleh peningkatan jumlah penumpang dan barang pada aktivitas angkutan darat, angkutan udara, dan angkutan laut selama tahun 2023. Peningkatan lalu lintas penerbangan di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado yang disebabkan penambahan frekuensi penerbangan rute tertentu juga mendorong kinerja pertumbuhan lapangan usaha ini,” ujar Asim.

Lapangan Usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi setelah Transportasi adalah Jasa Lainnya dan Penyediaan Akomodasi. Asim mengatakan, Pertumbuhan positif pada lapangan usaha Jasa Lainnya didorong oleh peningkatan jumlah kunjungan wisman dan wisnus dan meningkatnya jumlah pengunjung tempat rekreasi.

“Selain itu, berbagai event hiburan, olahraga, dan lainnya yang diadakan di Sulawesi Utara baik level lokal, nasional dan internasional selama tahun 2023 ikut andil menggerakkan pertumbuhan positif lapangan usaha Jasa Lainnya. Peningkatan aktivitas partai politik menjelang Pemilu juga meningkatkan aktivitaslapangan usaha ini,” katanya.

Sementara peningkatan pertumbuhan Lapangan usaha Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum menurut Asim seiring dengan peningkatan tingkat okupansi hotel dan restoran.

“Penyediaan Akomodasi tumbuh positif didorong oleh peningkatan kegiatan Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions (MICE) baik pemerintah maupun swasta di hotel, serta berbagai event yang diadakan di Sulawesi Utara baik level lokal, nasional dan internasional. Penyediaan Makan dan Minum tumbuh positif sejalan dengan berkembangnya bisnis restoran dan café selama tahun 2023,” ujarnya.

Transportasi dan Pergudangan sekaligus menjadi sumber pertumbuhan tertinggi, yakni sebesar 0,95 persen. Selanjutnya adalah Pertanian 0,89 persen dan Perdagangan 0,87 persen.(jou)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *