oleh

BMKG Sebut 10 Daerah di Sulut Waspada Dampak Hujan Lebat

Barometer.co.id-Manado. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebanyak 10 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara untuk mewaspadai dampak hujan lebat.

“BMKG merilis prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Sulawesi Utara hingga 7 Maret 2024,” kata Pengamat Meteorologi Geofisika Muda, Ben A Molle di Manado, Rabu.

Dia menyebutkan, sepuluh daerah kabupaten dan kota yang mewaspadai dampak hujan lebat yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kota Kotamobagu.

Berikutnya, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Manado.

Dia mengatakan, dampak yang bisa ditimbulkan dari hujan lebat yaitu jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Dampak lainnya, volume aliran sungai meningkat/banjir serta aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Ben menyebutkan, dalam situasi tersebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat agar terhindar dari dampak tersebut.

“Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah serta memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial,” ajaknya.

Langkah berikutnya, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.(ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *