Gelar Apel, Bandara Sam Ratulangi Buka Posko Lebaran 2024

Barometer.co.id-Manado. Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H (Lebaran 2024), PT. Angkasa Pura I bandara Sam Ratulangi Manado gelar Apel Posko Lebaran 2024, Rabu (03/04/24).
Segala persiapan sudah dilakukan guna melayani kebutuhan penumpang sejak bulan Ramadhan seperti pembagian takjil gratis ke para penumpang yang berpuasa serta persiapan tempat ibadah di bandara.

Digelarnya posko Lebaran tahun ini merupakan agenda rutin dari PT. Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara sesuai dengan instruksi Direktur Jendral Perhubungan Udara nomor IR 1 DJPU tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara lebaran tahun 2024. Tujuannya untuk menciptakan penyelenggaraan angkutan udara yang selamat, aman, nyaman, tertib, lancar dan teratur serta tetap memenuhi persyaratan dalam prosedur keselamatan penerbangan sipil sesuai dengan regulasi yang berlaku. Posko ini akan mulai beroperasi pada tanggal 3 April dan berakhir pada tanggal 18 April 2024.

Sebelumnya PT. Angkasa pura I menggelar rapat koordinasi persiapan Posko Terpadu Angkutan Lebaran yang igelar pada tanggal 27 Maret 2024 di kantor administrasi PT. Angkasa Pura I. Rapat dihadiri oleh seluruh stakeholder Bandara seperti Otoritas Bandara Wil VIII Manado, Dinas perhubungan, TNI AU, Lanudal,Brimob, Polsek Bandara, Airnav,Basarnas , Balai kekarantinaan kelas I Manado, airlines, ground hadling dan beberapa anak perusahaan PT. Angkasa pura I.

Jumlah yang terlibat pada Posko lebaran kali ini adalah 208 personil. Hal ini bertujuan tentunya untuk pengawasan keamanan dan keselamatan serta koordinasi dengan seluruh stakeholder bandar udara dalam rangka mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadi selama periode angkutan lebaran Tahun 2024.

“Harapan saya posko ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP). Setiap harinya akan ada petugas gabungan yang memiliki tugas utama memberikan pelayanan dalam rangka memperlancar arus mudik dan arus balik bagi para penumpang selama musim libur Lebaran Tahun 2024 (1445 H) di Bandara Sam Ratulangi. Beberapa hal yang kiranya juga menjadi perhatian guna antisipasi adalah kondisi cuaca di Sulawesi Utara yang dapat menyebabkan potensi delay penerbangan dan lonjakan jumlah penumpang pada jam-jam tertentu,” ujar Maya Damayanti selaku General manager AP I Bandara Sam Ratulangi.

Maya menambahkan melalui posko tersebut kelancaran arus penumpang di sisi darat, terminal dan sisi udara akan terus dipantau. “Kami akan terus meninjau dan memastikan tingkat keselamatan, keamanan serta pelayanan di Bandar Udara terkait operasi pesawat udara, penumpang dan barang selama musim mudik ini,” tambahnya.(jou)