Pelaksanaan UKK Mandiri di SMKN 1 Bitung Libatkan Penguji Profesional

Bitung – Barometer.co.id

Kepala SMKN 1 Bitung Drs Maxi Rompas SH MSi MMPd mengatakan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dilakukan secara mandiri dan telah dimulai sejak pekan lalu.

Di mana, pelaksanaan UKK tahun ini diikuti sebanyak 343 siswa kelas XII dari 7 program studi yakni, Akuntansi, Perkantoran, Pemasaran, Teknik Komputer dan Jaringan, Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, dan Kuliner.

“Selain penguji internal, pihak sekolah juga melibatkan penguji eksternal yang merupakan tenaga profesional yang kompeten dibidangnya masing-masing,” ujar kepsek, Rabu (24/04).

Ditambahkannya lagi, dengan melibatkan penguji eksternal yang memiliki pengalaman langsung di lapangan kerja, sekolah dapat memastikan bahwa uji kompetensi yang dilakukan sesuai dengan standar industri.

“Dengan hadirnya penguji yang profesional diharapkan akan memberikan gambaran yang akurat tentang kemampuan para siswa itu sendiri,” tukasnya.

Kata kepsek, UKK merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi para siswa tersebut.

“Ketika mereka dinyatakan lulus, maka siswa layak dinyatakan berkompeten dan mendapatkan sertifikat uji kompetensi keahlian dari bidang masing-masing serta dapat digunakan saat mencari pekerjaan,” pungkasnya.(eau)