Peparnas Pindah Ke Solo, NPC Sulut Tetap Siap Bertanding

Barometer.co.id.Manado.Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas), yang sebelumnya dijadwalkan di Medan Provinsi Sumatera Utara, diputuskan untuk pindah ke Solo Jawa Tengah pada tanggal 06-13 Oktober 2024.

Menpora RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo dalam keterangan persnya usai Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Kamis (13/06) lalu menyebutkan bahwa pemindahan tempat Peparnas dari Medan ke Solo merupakan aspirasi dan permintaan dari Nasional Paralimpik Nasional (NPC).

Pertimbangan NPC, di Solo seluruh fasilitas untuk kejuaraan olahraga sebesar Peparnas sudah tersedia. Sebab, pada tahun 2022, Kota Soko baru saja menjadi tuan rumah Asian Paragames sehingga venue dan hotel penginapan atlet disabilitas sudah lengkap.

Ketua NPC Sulawesi Utara, Billy Makal ketika dikonfirmasi media ini membenarkan tentang pemindahan lokasi Peparnas 2024 dari Medan Sumatera Utara ke Solo Jawa Tengah. “Iya benar Peparnas Tahun ini pindah ke Solo dan akan dilaksanakan 06-13 Oktober 2024,” jelas Billy Makal.

Meski ada perubahan tempat, Billy Makal memastikan seluruh atlet NPC Sulut yang dipersiapkan untuk berlaga di Peparnas tetap fokus berlatih. “Sekarang atlet atlet NPC Sulut yang akan bertanding di Peparnas sementara menjalani Pelatda,” ujar Billy Makal.

Kontingen NPC Sulut masih mengandalkan cabang olahraga unggulan seperti renang, tenis meja dan atletik. Namun tidak menutup kemungkinan cabor seperti panahan dan catur akan mampu mempersembahkan medali.

Sementara itu terkait perubahan tempat pelaksanaan Peparnas 2024 dari Medan Sumatera Utara ke Solo Jawa Tengah, Kadispora Sulut, Carla CC Montong mengaku belum tahu pasti. “Nanti akan dikoordinasikan dengan NPC dulu,” ujar Montong.(dni)