Barometer.co.id-Banda Aceh. Dua kemenangan spektakuler yang diukir Tim Bola Basket 5×5 Sulawesi Utara di babak penyisihan Grup B, membuka peluang untuk melaju ke babak semifinal PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Satu kemenangan lagi, dipastikan akan mengantarkan pasukan yang dimanajeri Clay Dondokambey akan mengulangi hasil capaian di PON XX Papua, Tahun 2021 lalu.

Bermodalkan kemenangan atas tim favorite Jawa Barat pada laga perdana dengan skor 69-64, pasukan Roland Lengkong, Herry ‘Bongkeng’ Tumuwo, Jeremy Christiano Sumanti dan Reynold Manalip, tampil lebih percaya diri saat menghadapi Bangka Belitung pada laga kedua, Rabu (03/09) pagi di GOR Bola Basket Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.
Sejak awal pertandingan, para pemain Sulut tampaknya sudah paham dengan pola permainan Bangka Belitung. Fernando Manangsang, Karl Patrick Utiarahman, Greans Tangkulung, Haezargreaves Tumuwo, Jason Tjio Sidabutar, Reinhard Titing, Sergyo Mangundap, Claudio Rarumangkey, Chsitian Tuwaidan, Toraya Pontuluran, Christ Sembel, Christyanto Machmoed, yang diturunkan secara bergantian, terus mendikte permainan lawan.

Pada dua kwarter awal, permainan kedua tim masih seimbang. Namun ketika memasuki kuarter ketiga, para pemain Sulut mulai menampakkan pengalaman individu dan kemampuan secara tim. Hasilnya, poin demi poin mulai dihasilkan oleh skuad Sulut. Namun, ditengah perjuangan memburu poin, salah satu pemain Sulut, Greans Tangkulung harus digotong keluar akibat mengalami cedera.

Mengakhiri kuarter ketiga, Tim Sulut sudah unggul 52-42 atas Bangka Belitung. Kendati sudah unggul lima bola, permainan anak-anak Sulut tidak kendor di kuarter terakhir. Itu terbukti dengan sejumlah manuver untuk mendapatkan poin lebih banyak. Dan, perjuangan Fernando Manangsang Cs berbuah hasil ketika mengakhiri kuarter keempat, unggul 73-50.

Dengan demikian, partai melawan Sumatera Utara, Kamis (05/09) Pukul 16.00 Waktu Banda Aceh, akan menjadi penentu bagi Tim Basket Sulut untuk mengulang hasil PON XX Papua. Jika melihat peta kekuatan, diatas kertas memang Sulut lebih baik dua lawan berat yakni Jabar dan Babel sudah dikalahkan. Sementara dua lawan terakhir yakni Sumut dibantai oleh Jawa Barat dengan skor, 94-41 dan tuan rumah Aceh, dikalahkan Bangka Belitung dengan skor telak 95-25.

Meskipun peluang Sulut sangat besar dan dipastikan lolos jika meraih kemenangan atas Sumut, tapi tim pelatih tetap memotivasi para pemainnya untuk tidak mengendorkan permainan. “Target kita juara grup dan mengalahkan seluruh tim yang ada di grup B,” jelas Roland Lengkong, seusai pertandingan melawan Bangka Belitung. “Torang harus tetap konsisten untuk meraih juara grup,” imbuh Herry Bongkeng Tumuwo.

Soal cederanya Greans Tangkulung, menurut duet pelatih yang sukses mengantarkan Sulut meraih medali perak di PON XX Papua, masih akan dilakukan observasi medis. Artinya, untuk saat ini, Tangkulung masih harus beristirahat guna pemulihan cederanya. “Kami akan melihat kondisi Tangkulung setelah ada observasi medis,” tukas Lengkong dan Bongkeng.(dni)