Barometer.co.id-Manado. Menyambut momen istimewa Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah 11 Suluttenggomalut memperkuat komitmen untuk terus menghadirkan layanan perbankan yang prima. Melalui sinergi layanan operasional, digital, dan mitra Agen46, BNI memastikan kebutuhan transaksi masyarakat tetap terpenuhi di tengah libur panjang.
Untuk memastikan layanan tetap tersedia, BNI membuka operasional terbatas pada tanggal 28 Maret, 1 April, 4 April, dan 7 April 2025 di sejumlah outlet strategis. Pada 28 Maret 2025, sebanyak empat outlet akan beroperasi meliputi KCP Kanaka yang berada di bawah Cabang Manado, KCU Palu, KCP Poso, serta KCP Morowali Utara yang keduanya berada di bawah Cabang Parigi. Kemudian pada 1 April 2025, layanan tetap dibuka di KCP Kanaka.
Puncaknya terjadi pada 4 April 2025, di mana sebanyak tujuh outlet akan melayani masyarakat, yakni KCP Kanaka, KCP Mantos 1 (Cabang Manado), KCU Gorontalo, KCU Kotamobagu, KCU Ternate, KCU Palu, dan KCU Tolitoli. Selanjutnya, pada 7 April 2025, KCP Kanaka kembali menjadi outlet yang beroperasi untuk melayani transaksi penting masyarakat di wilayah Manado dan sekitarnya.
Masyarakat tetap dapat melakukan transaksi seperti setoran tunai, penarikan hingga Rp25 juta, pemindahan dana antar rekening BNI maksimal Rp25 juta, setoran BBM Pertamina, serta pembayaran MPN dan transaksi Bulog di outlet-outlet tersebut selama periode layanan terbatas berlangsung.
Pemimpin BNI Wilayah 11 Suluttenggomalut, Lodewyck Z.S Pattihahuan, menegaskan bahwa kesiapan layanan selama Ramadan dan Idulfitri merupakan bentuk nyata komitmen BNI dalam menjawab kebutuhan masyarakat. “Kami hadir melalui layanan Operasional Terbatas outlet, digital banking serta Agen46. Semua disiapkan agar masyarakat tetap nyaman bertransaksi kapan pun dibutuhkan,” ujarnya, Senin (24/03/25).
“Guna menjamin kelancaran layanan selama periode 24 Maret hingga 14 April 2025, BNI Wilayah 11 menyiapkan kas tunai sebesar 1,94 triliun. Dana tersebut dialokasikan untuk Sulawesi Utara sebesar 770 miliar, Sulawesi Tengah 620 miliar, Maluku Utara 380 miliar, dan Gorontalo 170 miliar. Selain itu, untuk mendukung layanan mesin, kas ATM sebesar 541,75 miliar juga telah disiapkan secara menyeluruh,” tambah Lodewyck.
Ia mengatakan, nasabah tidak perlu khawatir karena BNI mengoperasikan 294 mesin ATM dan 164 mesin CRM di seluruh wilayah Suluttenggomalut. Ditambah 15 mesin DigiCS yang memungkinkan nasabah membuka rekening, mengganti kartu debit, reset PIN, hingga mencetak mutasi rekening secara mandiri. Di Manado, Palu, Gorontalo, dan Ternate, layanan juga diperkuat oleh mesin BNI SPRINT yang mempermudah pencetakan histori transaksi ke dalam format buku tabungan, A4, maupun struk digital.
Didi Suprijanto, Area Head 1, menjelaskan bahwa penyebaran layanan BNI dilakukan secara strategis di wilayah-wilayah yang memiliki volume transaksi tinggi selama Ramadan. “Kesiapan kas, layanan mesin, hingga SDM di cabang kami pastikan tetap optimal. Seluruh elemen disusun untuk menjaga kepercayaan masyarakat,” katanya.
Selain itu, bagi nasabah non-perorangan seperti pelaku usaha maupun institusi, BNI menghadirkan layanan BNIDirect sebagai solusi electronic cash management yang cepat, mudah, dan aman. BNIDirect merupakan platform digital yang dirancang untuk mendukung seluruh aktivitas transaksi keuangan perusahaan.
Melalui platform ini, nasabah bisnis dapat melakukan berbagai jenis pembayaran seperti payroll, pajak, PNBP, bea cukai, BPJS, PLN, asuransi, dan kebutuhan utilitas lainnya. Tidak hanya itu, BNI Direct juga menyediakan fasilitas lengkap untuk transfer dana baik antarbank online, BI Fast, kliring, RTGS hingga transfer internasional.
Layanan digital BNI juga terus diperkuat melalui aplikasi wondr by BNI versi 1.3.0, yang kini hadir dengan berbagai fitur seperti Mobile Tunai (tarik tunai tanpa kartu), pembukaan dan pengelolaan kartu kredit, pembukaan deposito dalam mata uang IDR, USD, dan SGD, top-up e-wallet, serta fitur Life Goals yang membantu nasabah menabung sesuai tujuan hidup mereka. Nasabah juga dapat mengunduh rekening koran dan dokumen SPT secara praktis.
Jangkauan layanan semakin luas dengan kehadiran 9.821 Agen46 aktif di seluruh area kerja BNI Wilayah 11. Terdiri dari 4.090 Agen di Sulawesi Utara, 3.475 di Sulawesi Tengah, 1.070 di Gorontalo, dan 1.186 di Maluku Utara. Lucky Lahope, Area Head 2, menyampaikan bahwa Agen46 kini menjadi pilar utama layanan inklusif BNI, menghadirkan kemudahan transaksi bahkan di daerah yang tidak terjangkau cabang.
Ia menambahkan bahwa perluasan akses perbankan melalui Agen46 bukan hanya tentang transaksi, tetapi juga bagian dari pemberdayaan ekonomi lokal dan penguatan literasi keuangan di masyarakat akar rumput.(jou)
Layanan Terbatas BNI Wilayah 11 Sulutenggomalut Selama Libur Idul Fitri 2025
Tanggal | Kantor buka |
28 Maret 2025 | KCP Kanaka (Cabang Manado) KCU Palu KCP Poso KCP Morowali Utara (Cabang Parigi) |
1 April 2025 | KCP Kanaka |
4 April 2025 | KCP Kanaka KCP Mantos 1 (Cabang Manado) KCU Gorontalo KCU Kotamobagu KCU Ternate KCU Palu KCU Tolitoli |
7 April 2025 | KCP Kanaka |