oleh

Diperjuangkan Bupati, Lansia Minsel ‘Banjir’ Bantuan

Barometer.co.id – Amurang.
Kesejahteraan warga lanjut usia (Lansia) benar-benar mendapat perhatian dari Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar. Selain menyediakan santunan yang akan disalurkan bulan depan, Bupati juga berhasil mendatangkan program bantuan dari Kementrian Sosial.

Tidak tanggung-tanggung, bantuan yang berhasil diperjuangkan berupa program Lembaga Kesejahteraan Sosial Usia Lanjut (LKSLU) sebesar Rp 2,4 miliar. Melalui program ini, diupayakan dapat memenuhi kebutuhan dasar dari Lansia, khususnya yang terdaftar sebagai warga tidak mampu.

“Kita bersukur karena menjelang akhir tahun ini, warga Lansia mendapatkan bantuan program dari LKSLU. Keberhasilan mendatangkan program, tidak lepas dari kerja berupa lobby yang dilakukan oleh pak Bupati. Karena memang tidak semua daerah menerima. Dana bantuan sudah mulai disalurkan melalui sejumlah bank yang telah ditunjuk,” tukas Kadis Sosial Sofie Sumampow yang didampingi Kabid Resos, Stelma.

Lanjut dijelaskannya melalui LKSLU tiap Lansia mendapatkan Rp 2,4 juta. Namun dana yang disalurkan melalui rekening bank, sudah ada peruntukkan lewat Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang disusun sesuai kebutuhan Lansia. Setiap kelompok dapat berbeda peruntukkan.

“Jadi ada kelompok yang menyusun daftar belanja seperti rice cooker, tempat tidur, juga kebutuhan pokok berupa beras, susu dan vitamin serta lainnya. Nantinya kwitansi pembelian dilampirkan pada laporan pertanggungjawaban. Ini sebagai bentuk antisipasi agar dana yang diberikan benar-benar dipergunakan bagi Lansia, bukan anak atau cucu,” urai Sumampow.

Diterangkannya pula Lansia yang masuk pada program LKSLU sebelumnya sudah terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementrian Sosial. Program ini juga dapat melengkapi progtam santuan dana Lansia yang berasal dari APBD Minsel.

“Nantinya yang sudah masuk LKSLU tidak bolah lagi mendapatkan dana Landia APBD. Sehingga bantuan bagi Lansia dapat menjangkau lebih luas lagi. Untuk Santuan lansia, saat ini masih di verifikasi. Paling lambat bulan Desember telah selesai dan langsung disalurkan,” pungkasnya.(jim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed