Open Tournament Pencak Silat SMANKOR Sulut Cup 2022 Jadi Ajang Ujicoba Hasil Pembinaan di Sulut

Barometer.co.id-Manado. Ratusan pesilat usia belia hingga dewasa dari sejumlah Kabupaten Kota di Provinsi Sulawesi Utara serta utusan dari Provinsi Maluku Utara dan Gorontalo, mendapatkan kesempatan untuk menguji hasil latihan mereka di ajang Kejuaraan Terbuka Pencak Silat bertajuk SMANKOR Sulut Open Tournament 2022, yang berlangsung di Wale Ne Tou Tondano Minahasa, 13-16 September 2022.

Sebelumnya, Pengprov IPSI Sulut memiliki agenda minimal dua kali setahun untuk menguji kemampuan pesilat dari seluruh kelompok usia hasil pembinaan perguruan di Kabupaten Kota.

Tapi sejak Pandemi Covid-19 yang melanda seentero jagad raya lebih dari dua tahun membuat kesempatan para pesilat pemula yang sudah berlatih di sejumlah perguruan, belum mendapatkan kesempatan bertanding.

Beruntung pimpinan SMANKOR Sulut, yang dipimpin Kepala Sekolah Jettie Sumual MPd, membuat sebuah terobosan lewat sebuah gagasan dalam bentuk Kejuaraan Pencak Silat Terbuka dengan mengakomodir seluruh atlet mulai dari usia pemula. Hasilnya, ratusan pesilat usia pemula dibawah sepuluh tahun mendapatkan kesempatan untuk bertanding sekaligus menguji hasil latihan selama ini.

Selain kehadiran para pesilat pemula, kejuaraan yang juga menjadi ajang ujicoba para pesilat binaan SMANKOR Sulut dan PPLP Sulut, juga memberikan kesempatan kepada para pesilat yang digodok oleh perguruan perguruan yang ada di Kabupaten Kota se-Sulut untuk menguji kemampuan dari hasil latihan selama ini.

Banyaknya kesempatan bagi pesilat muda dari tingkat kabupaten kota yang ada di Sulut bahkan dari provinsi tetangga Gorontalo dan Maluku Utara membuat Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sulut memberikan apresiasi kepada pihak SMANKOR Sulut, yang telah memberikan kontribusi besar dalam upaya pembinaan olahraga Pencak Silat di Bumi Nyiur Melambai.

Sebab, selain melakukan program pembinaan secara intensif lewat latihan dan pembelajaran di sekolah keberbakatan olahraga di Sulut, SMANKOR Sulut juga mulai melaksanakan sebuah kompetisi untuk mengukur hasil latihan atlet binaan mereka lewat sebuah kejuaraan terbuka SMANKOR Sulut Cup I Tahun 2022.(hja)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *