Barometer.co.id – Aermadidi 
Panitia Seleksi (Pansel) telah mengumumkan ada empat kandidat yang lolos tahap administrasi. Hal itu tertuang dalam Surat Pengumuman No 006/PANSEL-MINUT/X/2022.

Masing-masing ada tiga pejabat internal Pemkab Minut dan satu kepala dinas provinsi. Adapun mereka adalah, Sekretaris DPRD Minut Jossy Kawengian, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Munut, Arnolus Wolajan, Staf Ahli Bupati Minut Hanny Tambani dan Kepala Dinas Pertanian Sulawesi Utara (Sulut) Novly Wowiling.

Selain Kepala Dinas Pertanian Sulut, ada Tiga pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara  masuk bursa calon Sekretaris Daerah (Sekda) Minut. Jossy Kawengian, memiliki kans menjadi F3 yang kini menjabat Sekretaris DPRD Minut.

Dimana trek  rekornya atau rekam jejaknya tidak diragukan lagi, karena Jossy Kawengian, sudah pernah menduduki beberapa jabatan structural antara lain, pernah menduduki jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Minahasa Utara. Terakhir ini menduduki jabatan Sekretaris DPRD Minut da sebelumnya juga sudah menjabat di beberapa dinas lainnya.

Berdasarkan analisa  publik di Kabupaten Minahasa Utara, seseorang pejabat sudah pernah menduduki jabatan Sekretaris DPRD,  berarti dengan sendirinya pejabat tersebut sudah mengerti atau paham terkait dengan masalah perekonomian dan pembangunan daerahnya.

Demikian pula kalau sudah menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Minahasa Utara maka pejabat tersebut sudah paham tentang perencanaan pembanguan daerah tersebut tentang visi dan misi ke depan Kabupaten Minahasa Utara.

Maka untuk membanguan wilayah Kabupaten Minahasa Utara,  kedepan, dimana Bupati Minut Joune Ganda,SE  dalam menjalankan pemerintahan  misi dan visinya  sesuai janji poltiknya di daerah, perlu didampingi oleh Sekda Kabupaten Minut yang mampu dan paham perencanaan pembanguan terkait masalah Visi di daerah ini.(ron)