oleh

Tim Kas Keliling BI Sulut Bertolak ke Lima Pulau Terluar

Barometer.co.id-Bitung. Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dengan uang Rupiah yang cukup, pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi layak edar, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara senantiasa melakukan upaya melalui kegiatan yang bersifat clean money policy.

Salah satunya adalah kegiatan Kas Keliling dengan skup yang lebih luas, yaitu Kegiatan Kas Keliling di Wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) di Wilayah Kerja Provinsi Sulawesi Utara.

Tahun 2023, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara tidak hanya bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut, namun bekerja sama juga dengan UPT Kemendikbudristek Sulawesi Utara, yaitu Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara dan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara dalam menyelenggarakan Kas Keliling di Wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) pada tanggal 17 Juni 2023 di Pelabuhan Samudra Bitung.

Kegiatan Pelepasan Kas Keliling dan Literasi Ujung Negeri Kepulauan 3T dihadiri oleh Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI.

Layanan kas keliling di wilayah 3T di Sulawesi Utara 5 tahun terakhir telah dilaksanakan sebanyak 4 kali, dimana yang pertama dilangsungkan pada tahun 2018 menggunakan KRI Sultan Iskandar Muda, tahun 2019 menggunakan KRI Sultan Nuku 373, tahun 2021 menggunakan KRI Kakap-811 dan pada tahun 2022 menggunakan KRI Ajak 653.

Tim Kas Keliling dan Literasi terdiri dari 15 orang antara lain: Bank Indonesia 11 orang; Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulut dua orang; Balai Bahasa Sulut satu orang dan satu orang fotografer/dokumentasi.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Tim di setiap pulau kepada masyarakat yaitu, Kas Keliling untuk menyerap uang tidak layak edar dari masyarakat dan perbankan untuk digantikan dengan uang layak edar sebanyak Rp4.150.000.000,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, Andry Prasmuko.

Kegiatan berikutnya adalah, 2. Sosialisasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah serta edukasi kebanksentralan oleh Bank Indonesia, Program Sosial Bank Indonesia dengan memberikan bantuan berupa sembako 1.875 Kg beras dan 375 Liter minyak goreng. Adapun bantuan non sembako lainnya seperti laptop, Sound System, Printer, Projektor, Alat Olahraga dan Lampu Solar Street oleh Bank Indonesia,

4. Program ECOhappiness yang merupakan implementasi program Change Agent Bank Indonesia di Provinsi Sulawesi Utara, 5. Klinik Pendidikan oleh Balai Penjaminan Mutu dan Pendidikan Sulut, 6. Pembagian buku bacaan bermutu untuk literasi Indonesia oleh Balai Bahasa berupa penyerahan 300 buku bacaan.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang diwakili Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D telah berkenan hadir untuk melepas Tim Kas Keliling dan Literasi di wilayah 3T Sulawesi Utara.

Juga kepada Komandan Pangkalan Utama TNI AL VIII Laksma Nouldy J. Tangka, S.A.P., CHRMP beserta seluruh jajarannya, yang telah membantu dalam mengakomodir kegiatan pelepasan Kas Keliling dan Literasi di hari ini, sehingga dapat berjalan dengan baik. Semoga sinergi antar lembaga ini dapat terjalin dengan baik dan banyak memberikan manfaat kepada masyarakat di Sulawesi Utara khususnya wilayah 3T.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *