oleh

Jamaah Haji Asal Sulut Tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado

Barometer.co.id-Manado. Jamaah Haji kloter 16, 17 dan 18 asal Sulawesi Utara tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sabtu (29/07) hingga Selasa (01/08). Sebelumnya mereka tiba di tanah air di embarkasi Balikpapan sejak Sabtu.

Kepulangan jamaah haji dibagi kedalam empat penerbangan. Pada penerbangan pertama, 180 Jamaah Haji Kloter 16 yang berasal dari Bolmong, Bolsel, Boltim, Bolmut dan Mitra, diberangkatkan dengan pesawat charter Lion Air JT 3756 tiba pada hari Minggu pukul 06.00 WITA.

Sedangkan di hari senin (31/07) penerbangan charter pertama Lion Air JT 3756 tiba pada pukul 05.45 WITA kloter 17 membawa 179 Jamaah Haji yang berasal dari Kotamobagu, Tomohon, Minahasa, Sangihe dan Minsel.

Kemudian penerbangan charter berikutnya dengan Lion Air JT 3766 tiba pada pukul 06.00 WITA dengan membawa 203 jamaah haji yang berasal dari Manado dan Minsel.

Sementara kloter 18 sebanyak 195 jamaah berasal dari Bitung, Minahasa, Kotamobagu dan Mitra dijadwalkan tiba di Bandara Sam Ratulangi pada Selasa (01/08) pukul 06.00 WITA

“Harapan saya pulang dari haji, para jemaahh haji ini lebih meningkatkan ibadahnya kepada Sang Khalik Allah SWT, sholat di masjid berjamaah dan menjaga tutur kata dalam hubungan dengan sesamanya dan menjadi teladan di tengah kehidupan keluarga dan masyarakat serta menjadi rool model dalam kehidupan beragama. Terima kasih kepada pemerintah Sulut atas perhatian kepada jamaah asal Sulut,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulut, H.Sarbin Sehe, S.Ag, M.Pd.I.

H.Sarbin Sehe menambahkan bahwa dari keseluruhan jamaah haji yang tiba, 6 orang meninggal dunia dan 1 orang jamaah haji mendadak sakit dan mendapat perawatan di rumah sakit di Balikpapan.

“Kami telah bersiap untuk menyambut kepulangan jamaah haji dengan memastikan kesiapan seluruh fasilitas dan pengamanan di area bandara selama kepulangan jamaah haji. Kami bersinergi dengan instansi terkait dalam memberikan pelayanan kepada jamaah yang tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado,” ujar Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado.

Dari sisi pengamanan pihak Bandara Sam Ratulangi menurunkan personel Avsec dan bekerjasama dengan TNI Polri, serta instansi terkait lainnya guna mendukung kelancaran kepulangan jamaah haji asal Sulawesi Utara.
Dari segi fasilitas Bandara Sam Ratulangi sudah siap karena Bandara sendiri pelayanan operasinya sudah 24 jam. Total terdapat 757 Jamaah Haji yang akan pulang melalui Bandara Sam Ratulangi Manado.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *