oleh

Program Pemberdayaan Perempuan dan Electrifying Agriculture PLN Raih Penghargaan CSR Award 2023

Barometer.co.id-Jakarta. PT PLN (Persero) meraih dua penghargaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pemberdayaan perempuan dan pertanian. Melalui program unggulan Perempuan Berdaya dan Electrifying Agriculture (EA), PLN dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan juga perempuan.

Pemimpin Redaksi Republika Elba Damhuri mengatakan, PLN dinilai sebagai perseroan yang menginspirasi lewat program TJSL dan telah berkontribusi dalam pemulihan Indonesia melalui pemberdayaan perempuan dan sektor pertanian. Hal ini juga yang menjadikan PLN sebagai satu-satunya perusahaan yang meraih penghargaan paling banyak di ajang Anugerah CSR Republika 2023.

Pada pemberdayaan perempuan, PLN dinilai telah berhasil membuka kesempatan bagi perempuan untuk menunjukkan kapasitas dan kapabilitasnya hingga terwujud kemandirian bagi perempuan. Menurutnya, PLN berhasil menginisiasi bertumbuhnya UMKM besutan kaum perempuan.

“PLN secara langsung memberikan pendampingan dan pelatihan, agar para perempuan dapat mandiri dan turut membantu perekonomian keluarganya,” ujar Elba dalam acara Anugerah CSR Republika 2023 di Hotel JS Luwansa, Jakarta pada (26/10).

Sementara Untuk EA, Elba mengatakan, PLN telah menggenjot peningkatan produktivitas serta efisiensi operasional di tengah lahan yang semakin terbatas.

“PLN sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi transisi energi juga telah menjaga lingkungan dari polusi pada program EA. Sebagai bentuk inovasi dalam menggerakkan roda perekonomian bagi para petani, PLN meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah dan terjangkau bagi para pelaku usaha di bidang agrikultur melalui program EA,” tambahnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN terus melakukan transformasi dengan mengedepankan dan mengutamakan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Termasuk berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) seperti capaian Indikator 8.3.1 terkait proporsi lapangan kerja informal, berdasarkan sektor dan jenis kelamin untuk program pemberdayaan perempuan dan capaian Indikator 2.4.1 terkait luas area pertanian produktif dan berkelanjutan untuk program EA dan masih banyak lagi.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas pengakuan yang diberikan oleh Republika untuk dua program prioritas TJSL kami yaitu pemberdayaan perempuan dan EA pada Anugerah CSR Republika 2023. Keberhasilan ini tidak lepas dari kolaborasi bersama antara PLN dan Republika sebagai media informasi dalam menyebarluaskan upaya kami ini ke masyarakat,” ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan, dalam program pemberdayaan perempuan secara internal PLN sendiri sudah menerapkan praktik kesetaraan gender dalam lingkungan kerja dan diterapkan dalam Statement of Corporate Intent (SCI) atau dokumen persetujuan bersama tentang pengarusutamaan gender di lingkungan perusahaan.

“Sementara dalam kegiatan TJSL PLN, kami mengimplementasikan pada seluruh program agar dapat menjangkau perempuan sehingga dapat memberikan kemandirian ekonomi keluarga serta peningkatan kualitas kesehatan untuk ibu dan anak serta manfaat lainnya,” kata Darmawan.

Dia menambahkan, khusus pada program TJSL PLN yang berjalan saat ini jika dihitung jumlah penerima manfaat perempuan telah mencapai sekitar 35% dari jumlah total penerima manfaat TJSL.

“Kemudian untuk program EA, kami memberikan solusi kepada para pelaku usaha di bidang agrikultur seperti pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan sejenisnya untuk beralih memanfaatkan listrik dalam kegiatan operasionalnya. Sehingga, para pelaku usaha dapat manfaat langsung dalam meningkatkan hasil produksinya dan memangkas biaya operasionalnya,” terang Darmawan.

Dirinya melanjutkan, peralihan ini juga memberikan kontribusi bagi para pelaku usaha untuk dapat menurunkan emisinya. Hingga September 2023 program ini telah dimanfaatkan sebanyak lebih dari 230 ribu pelanggan.

“Penghargaan ini dedikasikan kepada seluruh insan PLN di seluruh Indonesia yang telah berjuang tidak kenal lelah siang dan malam menjaga keandalan listrik dan melayani masyarakat. Tentunya, ini juga akan menjadi pemecut semangat kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik sebagai jantungnya perekonomian masyarakat,” pungkas Darmawan.(ing)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *