oleh

Posko Natal dan Tahun Baru Bandara Sam Ratulangi Dibuka

Barometer.co.id-Manado. PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado membuka Posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Selasa (19/12) di area Terminal Keberangkatan Domestik. Pembukaan Posko dilakukan melalui apel yang diikuti oleh stakeholder terkait.

Tujuan digelarnya Posko Nataru ini adalah selain monitoring angkutan Natal tahun 2023 dan Tahun baru 2024, untuk memastikan keamanan, keselamatan dan kelancaran serta  kesiapan fasilitas di bandara.

Posko ini akan dibuka selama 16 hari, terhitung mulai tanggal 19 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2024 mendatang. Seluruh data dan laporan nantinya terpusat di posko Nataru 2023. Seluruh aktivitas transportasi udara Nataru akan dimonitor dan akan dijalankan sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP).

“Setiap hari akan ada petugas gabungan yang memberikan informasi kepada posko pusat. Posko memiliki tugas utama memberikan pelayanan untuk memperlancar arus mudik dan arus balik dengan melakukan pengawasan pelaksanaan persiapan, pemantauan dan pengendalian serta evaluasi Angkutan Udara Nataru di Bandara Sam Ratulangi, “ jelas General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi, Maya Damayanti.

Maya yang juga menjadi inspektur apel Pembukaan Posko Nataru, menyampaikan selama periode Januari hingga November 2023 Bandara Sam Ratulangi Manado telah melayani 1,5 juta penumpang.

Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi kenaikan pergerakan penumpang sebesar 21% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai   1 juta penumpang. Sedangkan untuk wisatawan asing yang masuk ke Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mengalami kenaikan sebanyak 399% atau sebesar 168 ribu wisman.

Maya  memperkirakan, selama periode posko ini akan terjadi peningkatan pergerakan penumpang sebanyak 16% atau sebesar 83 ribu penumpang dibandingkan periode posko tahun lalu. Sedangkan pergerakan pesawat naik sebesar 8% atau 754 dan kargo diprediksi masih mengalami penurunan 20% atau 627 ton.

“Saya selaku General Manager mewakili jajaran manajemen Bandara Sam Ratulangi Manado mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh stakeholder di Bandara Sam Ratulangi atas koordinasi dan kerja sama yang telah terjalin erat selama tahun 2023 sehingga kita semua dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pengguna jasa. Semoga Posko Nataru tahun ini dapat berjalan lancar dan aman, sehingga para pengguna jasa dapat merasa nyaman selama musim mudik kali ini,” ungkap Maya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Wilayah IV Ambar Suryoko mengatakan, dengan kolaborasi dan sinergitas semua stakeholder, pihaknya yakin periode Nataru tahun ini dapat ditangani dengan baik. Pihaknya juga akan mengantisipasi musim hujan dan memberi informasi cuaca dari BMKG lebih awal. Begitu juga informasi dari Airnav untuk pesawat yang mengalami divert atau cancel flight karena curah hujan cukup tinggi.

“Dengan tetap memegang dan menerapkan prinsip-prinsip 3S + 1C (Safety Security Services dan Compliance) juga secara disiplin menerapkan protokol kesehatan oleh semua pihak. Diharapkan, mampu menciptakan kondisi yang aman lancar dan terkendali bagi operasional penerbangan,” tegasnya.

Posko ini melibatkan 191 personel yang terbagi dalam tiga shift. Adapun personel posko terdiri dari pihak internal Angkasa Pura I dan pihak eksternal seperti Otoritas Bandara, personel dari TNI POLRI, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan BMKG.

Diselenggarakannya Posko Nataru guna kelancaran arus penumpang di sisi darat, terminal dan sisi udara yang akan terus dipantau untuk memastikan tingkat keselamatan, keamanan serta pelayanan di Bandar Udara terkait operasi pesawat udara, penumpang dan barang selama musim mudik ini.(jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *