oleh

Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Bendungan Lolak pada 23 Februari 2024

Barometer.co.id-Manado. Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut) pada Jumat (23/2).

“Direncanakan Bendungan Lolak akan diresmikan pada Jumat pekan ini,” sebut Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Sugeng Harianto, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan, timnya sedang melakukan persiapan terkait dengan kedatangan Presiden Jokowi yang dijadwalkan meresmikan bendungan yang dibangun sejak tahun 2015 tersebut.

“Kami sementara (sedang, red) melakukan persiapan untuk acara tersebut,” ujarnya.

Secara teknis, kata dia, bendungan kedua di Sulut setelah Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara itu memiliki kapasitas tampung sebesar 16,23 juta meter kubik.

Selain itu, bendungan tersebut memiliki luas genangan seluas 101,75 hektare.

“Ada sejumlah manfaat yang bisa dinikmati ketika bendungan tersebut difungsikan,” kata Sugeng.

Bendungan sepanjang 604,5 meter tersebut dapat mengairi 6.950 hektare sawah di lumbung padi terbesar di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut.

Selain itu, bendungan itu juga mampu menyediakan air baku 500 liter per detik, mereduksi banjir sebesar 29,42 persen serta menjadi sarana Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) sebesar 2,43 MegaWatt.

“Bendungan ini juga akan menjadi salah satu destinasi wisata di Provinsi Sulawesi Utara,” katanya.(ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *