oleh

Serambi 2024, BI Sulut Pastikan Kebutuhan Uang Periode Ramadan dan Idul Fitri

Barometer.co.id-Manado. Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2024 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, resmi dimulai, Senin (18/03/24). Kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah serta layanan kas kepada masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024. SERAMBI digelar secara nasional dari tanggal 15 Maret hingga 15 April 2024.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, Andry Prasmuko mengatakan, melalui Serambi, Bank Indonesia menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan layanan penukaran uang kepada masyarakat pada periode yang telah ditetapkan melalui program yang mengangkat tema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah”.

“Bank Indonesia memperkuat layanan penukaran kepada masyarakat dengan berkolaborasi bersama perbankan, serta menyediakan lokasi layanan penukaran uang pada titik-titik keramaian dan jalur mudik,” ujar Andry saat kick off Serambi Kantor Perwakilan.

Ia mengatakan, kegiatan SERAMBI merupakan tradisi setiap tahun yang telah dilaksanakan Bank Indonesia bersama perbankan di seluruh Indonesia. Tradisi tahunan ini juga merupakan upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Rupiah dan mendorong konsumsi bijak masyarakat pada momentum ini.

“Tujuannya adalah untuk memastikan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan dengan pecahan yang sesuai melalui kegiatan layanan kas kepada masyarakat selama periode RAFI,” kata Andry.

Secara nasional titik layanan penukaran uang SERAMBI di loket perbankan sebanyak 4.264 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara itu di wilayah Provinsi Sulawesi Utara sendiri, layanan penukaran di loket perbankan terdapat sebanyak 80 titik yang tersebar di kota Manado, kota Bitung, kota Tomohon, kota Kotamobagu, hingga wilayah kepulauan di Kabupaten Kep. Sitaro (Siau), Kabupaten Kep. Sangihe (Tahuna), Kabupaten Kep. Talaud (Lirung dan Melonguane).

Selain penukarna uang di loket perbankan, mulai 18 Maret sampai 5 April 2024, KPwBI Sulut bekerjasama dengan perbankan di Manado meyediakan layanan penukaran uang melalui mobil kas keliling.(jou)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *