BI Sulut dan Poktan Wanita Tani Maju Bersama Lakukan Penanaman Cabai Perdana

Barometer.co.id-Manado. Setelah sukses bergerak pada pertanian komoditas jagung dan kelapa yang dipasarkan ke PT. Cargill Indonesia dan PT. Multi Nabati Sulawesi (Willmar Group), Poktan Wanita Tani Maju Bersama memulai penanaman perdana komoditas cabai rawit pada Rabu (17/01).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Minahasa Selatan dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Fernando Butarbutar.

Wanita Tani Maju Bersama merupakan kelompok tani yang telah dibentuk sejak 2021 dengan memberdayakan wanita-wanita tani di Desa Wawontulap sebanyak 21 orang.

“Penanaman cabai sebanyak 5.000 pohon akan dilakukan di lahan seluas 0,5 ha. Selanjutnya pada awal Februari 2024, kelompok ini akan  melanjutkan penanaman cabai sebanyak 15.000 pohon di lahan seluas 1,5 ha,” kata Susanti Birahim selaku Ketua Poktan yang juga merupakan lulusan program Petani Unggulan Bank Indonesia (PUBI) 2023.

Pemasaran produk direncanakan di Desa Wawontulap dan sekitarnya, serta di Pasar Amurang. Hal ini khususnya dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan masyarakat di periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2024.

“Pasokan yang cukup akan turut membantu menjaga kestabilan harga dan tingkat inflasi, terutama di Kabupaten Minahasa Selatan yang pada tahun 2024 ini akan dihitung oleh BPS melalui Survei Biaya Hidup (SBH) tahun dasar 2022,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, Andry Prasmuko.(jou)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *