oleh

Ferry Liando Figur Tepat Pimpin Fispol Unsrat

Manado – Barometer.co.id
Nama dosen Dr Ferry Daud Liando SSos MSi dinilai figur yang tepat memimpin Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi. Pasalnya, dari berbagai aspek, figur muda ini tergolong memiliki jam terbang yang unggul.

“Sejak mahasiswa sampai sekarang ini Liando aktif dalam berbagai organisasi yang ikut menempanya menjadi lebih peka melihat persoalan akademik, pemerintahan, sosial, politik dan kemasyarakatan. Ini menjadi modal kuat bagi Liando,” ungkap alumni Fispol Unsrat, Raymond Pasla SSos MSi, Selasa (02/04).

Mantan Ketua KPID, Wakil Ketua KIP Sulut ini menilai, Fispol sebagai fakultas yang banyak bersentuhan dengan dinamika sosial kemasyarakatan, pemerintahan termasuk aktifitas politik, membutuhkan pemimpin yang berpengalaman dalam hal tersebut.

“Saya melihat Liando memiliki pengalaman di hal-hal itu, karena selalu diundang menjadi pembicara di daerah maupun nasional membahas persoalan dan dinamika tersebut,” jelas jurnalis senior ini.

Saat dipercayakan menjadi Kaprodi Pasca Sarjana Unsrat, menurut Pasla tak sedikit terobosan positif yang dihasilkan dan tetap dijalankan sampai sekarang.

“Jurusan Tata Kelola Kepemiluan di Pasca Sarjana Unsrat telah menghasilkan banyak lulusan yang memberi banyak kontribusi bagi penyelenggaraan pemilu di tanah air. Jurusan ini jarang ada di perguruan tinggi lain,” katanya.

Liando menurutnya, memiliki hubungan baik dengan sesama peneliti di perguruan tinggi besar lainnya. Akses ini akan memberi banyak hal baik bagi pengembangan akademik di Fispol. Karena itu, tanpa berlebihan, Fispol Unsrat membutuhkan figur dekan yang paling tidak memiliki kapasitan dan pengalaman seperti Liando yang selama ini aktif terlibat dalam membahas persoalan dan dinamika sosial kemasyarakatan.

Liando juga menurut Pasla adalah figur yang selama ini menjaga profesionalisme dan integritas.

“Yang saya amati Liando memiliki integritas yang baik dalam setiap jabatan dan peran yang dipercayakan,” nilai Pasla, sambil menambahkan sebagai alumni ia berharap Liando dapat memimpin Fispol Unsrat melanjutkan kepemimpinan dari dekan-dekan sebelumnya.

“Telah banyak kemajuan Fispol Unsrat lewat kepemimpinan dekan sebelumnya. Saya pikir dengan pengalaman dan kapasitasnya, ditambah relasi ke depan Liando dapat melanjutkan menjadi lebih baik,” tandasnya.(eau/*)