Posko 1 KKN UNPI Manado, Sukses Gelar Kegiatan di Molompar

Barometer.co.id – Tombatu
Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) pada hakekatnya merupakan perwujudan dari salah satu dharma perguruan tinggi. Yakni pengabdian kepada masyarakat, yang bersifat lintas disiplin (interdisipliner) dan merupakan komponen keilmuan, teknologi dan seni secara aplikatif guna membantu kehidupan masyarakat, utamanya di pedesaan. 

Dengan KKN diharapkan para mahasiswa dapat membantu masyarakat dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang dihadapi sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Melaui KKN ini pula mahasiswa dapat membantu merealisasikan program-program pemerintah dalam rangka melaksanakan pemerataan pembangunan di pedesaan.

Atas dasar itulah, mahasiswa KKN posko 1 Universitas pembangunan Indonesia (UNPI) Manadoangkatan XIX tahun 2022 melaksanakan KKN mandiri yang puncaknya di laksanakan pada hari Jumat dan Sabtu 19 – 20 Agustus 2022 bertempat di Desa Molompar kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. 
Menurut ketua posko 1 KKN UNPI 2022, Michael Rotinsulu, bahwa program kerja yang dilakukan adalah program fisik dan non fisik.  “Kami mengawali program kerja disini dari awal Agustus kemarin. Antara lain merenovasi interior serta pengecatan dinding dan lantai balai desa,”ujarnya.

Kemudian Posko juga memperbaharui tanda batas Desa Molompar dengan desa tetangga. Puncak dari kegiatan kami adalah tanggal 19 dan 20 Agustus dimana kami melakukan penyuluhan hukum tentang kekerasan dalam rumah tangga.

“Penyuluhan juga  lanjut dengan perlindungan anak serta penyuluhan kesehatan tentang penyakit demam berdarah, rabies dan hipertensi. Kegiatan sosial dalam bentuk bantuan kepada anak-anak PPA yang kurang mampu juga kegiatan kerja bakti” ujar Michael yang juga adalah mahasiswa fakultas hukum UNPI Manado. 

Lanjut Michael Rotinsulu, tim posko 1 terdiri dari 13 orang yaitu Asse Tangnga, Steven Inkiriwang, Noldy Keintjem, Brammy Luntungan, Eklesia Ali, Wemphy Samosir, Maya Boyoh, Natahsya Sumual, Nurlina Maruapei,Hefi gaby, Indri Laheping, Dio Manampiring.

Posko 1 KKN UNPI 2022 berhasil memberi penyuluhan sendiri terselenggara mandiri antara mahasiswa KKN posko 1 berkolaborasi dengan dosen pendamping. Turut hadir dalam penyuluhan antara lain Johny Rende SH,MH, NS Thirsa Mongi, S.Kep, M.Kes, Linda Imon SH,MH yang turut bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan penyuluhan ini. 

Sementara itu animo masyarakat yang hadir turut di apresiasi, tercatat lebih dari 100 peserta yang hadir dan bersemangat mengikuti acara demi acara, menurut Hukum Tua desa Molompar.
 “Kami sangat berterima kasih atas kehadiran adik-adik mahasiswa KKN UNPI Manado di desa Molompar,sangat membantu kami apa yang telah di lakukan di desa Molompar, semoga manfaat ini bisa dirasakan oleh warga desa molompar,” Novi Jowangkay.

Ketua panitia KKN UNPI Manado, Johny Rende SH,MH yang juga turut hadir dan menyaksikan kegiatan ini berujar bahwa, mahasiswa berkewajiban melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk melaksanakan dharma perguruan tinggi.

“Untuk itu sudah selayaknya mahasiswa membantu program pemerintah untuk membangun pedesaan” sambung Mner Johny, sapaan akrab mahasiswa- yang juga keseharian sebagai Dekan Fakultas Hukum UNPI Manado. 
Kegiatan ditutup dengan penyerahan prasasti program kerja dan prasasti nama-nama hukum tua yang pernah menjabat di desa Molompar serta pembagian doorprize kepada peserta yang mengajukan pertanyaan selama kegiatan penyuluhan.(jim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *